Syarat desain tangga rumah minimalis

Posted on

Desain tangga rumah minimalis menjadi pelengkap dalam desain rumah minimalis 2 lantai. Pada desain rumah 2 lantai, keberadaan tangga merupakan bagian dari interior rumah yang perlu dipertimbangkan dengan cermat, baik pemilihan model, ukuran, kenyamanan, serta keamanannya. Untuk memilih model dan ukuran tangga pada rumah 2 lantai berukuran besar tidaklah begitu sulit, tetapi untuk menentukan tangga pada rumah yang berukuran sempit kadang cukup membingungkan. Hal ini disebabkan karena akan dapat mengurangi space rumah yang memang sudah terbatas.

desain tangga rumah minimalis

Syarat tangga yang baik dan benar untuk sebuah rumah adalah tangga tidak bertemu langsung dengan pintu rumah maupun pintu ruangan. Anda dapat menempatkan tangga di bagian samping pintu dan arah naik tangga tersebut tidak membelakangi depan rumah jalan anda. Tangga bergaya spiral banyak dipakai di dalam rumah – rumah minimalis dikarenakan selain bentuknya modern, tangga spiral dapat menghemat tenaga anda ketika menaiki tangga.

Sebuah tangga rumah harus nyaman dan tidak melelahkan jika dilewati, yakni ketinggian anak tangga sebaiknya tidak melebihi 20 cm dan lebar tidak melebihi 22 cm. Memperpendek ketinggian anak tangga akan membuat tangga lebih nyaman dan tidak melelahkan untuk ditaiki, terlebih untuk penghuni yang berusia lanjut.

Dari segi keamanan, tangga rumah harus aman dengan dilengkapi pagar/reiling tangga, baik menggunakan besi atau bahan kayu. Hal ini untuk menghindari kecelakaan terjatuhnya dari tangga yang biasanya terjadi terutama pada anak-anak dan orang usia lanjut. Untuk memberikan inspirasi dalam pembuatan tangga di ruamah anda maka berikut ini adalah beberapa model yang dapat dipakai yaitu

1. Posisi tangga

Untuk posisi tangga sebaiknya yang mudah dijangkau dari sudut manapun di dalam rumah, sehingga mobilitas pemilik rumah berjalan dengan baik.

Baca Juga   Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Yang Sempit

2. Area tangga

Area Tangga harus memperoleh cukup pencahayaan dengan pijakan anak tangga yang sebaiknya tidak menggunakan bahan yang terlalu licin agar tidak membahayakan pengunaanya. Aplikasi material tangga yang berbeda membuat tangga terlihat unik. Untuk alternatif pilihan material bisa dengan plat baja yang dipadu dengan lantai kayu sehingga akan membuat tangga ini memunculkan kesan arstistik di dalam rumah.

Semoga artikel desain tangga rumah minimalis ini dapat bermanfaat bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *